Contoh MC Acara Peringatan Maulid Nabi Saw

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah, wash shalatu was salamu 'alaa rasulillah, muhammad ibnu Abdillah, wa 'ala aalihi wa ash-habihi wa man tabi'ahu wa walah, amma ba'du:

Yang terhormat bapak KH. Zainuddin MZ (misalnya), para alim ulama yang saya ta'ati, saudara, bapak, ibu hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Kiranya tiada kata-kata yang patut untuk saya kemukakan dalam mengawali pertemuan ini, kecuali ungkapan rasa syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw. (maulid Nabi saw.) tanpa ada suatu halangan apapun. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada baginda Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam. Saudara, hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Sebagai pembawa acara dalam Haflah Maulidur Rasul yang diselenggarakan oleh .......ini, perlu saya bacakan susunan mata acara pada hari ini, yaitu:
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an
  3. Pembacaan shaiwat Nabi saw.
  4. Sambutan ketua panitia penyelenggara
  5. Ceramah agama
  6. Penutup/Do'a
Demikianlah susunan mata acara pada peringatan maulid Nabi saw. pada malamhari ini, semoga dapatberjalan denganlancar dan membuahkan hikmah yang besar yang dapat kita petik dan bermanfaat bagi kita semua, amin. Untuk contoh Teks Pidato Memperingati Kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW. Berikut Contoh MC Acara Peringatan Maulid Nabi Saw
Contoh Naskah Pembawa Acara

Pembukaan:
Sebelum memasuki acara yang kedua, yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, marilah kita buka terlebih dahulu pertemuan kita kali ini dengan pembacaan Fatihatul Kitab (surat A1-Fatihah), ilaa hadhratil mushthafa, rasulillah muhammadin saw. al-fatihah ...........
Terima kasih, mudah-mudahan dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi serangkaian acara kita pada malam hari ini, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Qur'an:
Selanjutnya, menginjak acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh.........kepadanya saya persilahkan.
(Setelah qari' selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, MC kembali melanjutkan acara ...... )Kepada..........Saya sampaikan banyak terima kasih, mudah-mudahan lantunanpembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an tadi, bermanfaatbagi kita semua, yangpahalanya diberikan kepada pembaca khususnya, juga kepada kita semua yang mendengarkannya.

Pembacaan Shalawat Nabi Saw
Memasuki acara yang ketika yaitu, pembacaan shalawat Nabi saw. yang akan dipimpin oleh yang terhormat Ustadz ........ kepada beliau waktu saya persilahkan.
(Setelah pembacaan shalawat, MC kembali melanjutkan acara dengan menyampaikan terima kasih, misalnya). Demikianlah tadi pembacaan shalawat Nabi saw. yang telah dipimpin oleh ustad ........Kepadanya saya sampaikan banyak terimah kasih, mudah-mudahan dengan bacaan shalawat tadi membuat kecintaan kita kepada Rasulullàh saw. semakin bertambah, sehingga kelak kita mendaptkan syafa'at beliau yang sangat didambakan oleh setiap manusia pada hari kiamat nanti.

Sambutan Panitia Penyelenggara:
Hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia, sebelum memasuki acara yang kelima, yaitu ceramah agama, kita dengarkan dulu sambutan ketua panitia penyelenggara, sebagai acara yang keempat. Dalam hal ini, akan disampaikan oleh yang bapak.......... kepada yang terhormat bapak ..........saya persilahkan.
(Setelah acara sambutan selésai, MC kembali mengambil kendali acara dengan menyampaikan terima kasih, misalnya). Kepada bapak............. disampaikan banyak-banyak terima kasih.

Ceramah Agama:
Saudara, hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia.
Kini sampailah kita pada acara inti dalam peringatan maulid Nabi saw. kali ini, yaitu ceramah agama dalam rangka maulid Nabi saw. oleh bapak KH ........... Kepada yang terhormat bapak KH . .......... Saya persilahkan.
(Setelah acara ceramah agama selesai, MC kembali membawakan acara dengan menyampaikan terima kasih, misalnya). Kepada yang terhormat bapak KH...........Disampaikan terima kasih yang sebesar-besamya. Mudah-mudahan apa yang telah disampaikan tadi bermanfaatbagi kita semua, amin ya rabbal alamin.

Penutup/Do 'a:
Saudara, hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia.
Acara demi acara telah kita lalui bersama dengan baik dan lancar, mudah-mudahan dengan penyelenggaraan peringatan maulid Nabi Muhammad saw. ini, kecintaan kita kepada beliau menjadi semakin mendalam dengan meneladani keluhuran budi beliau. Sebagai manifestasi dari rasa cinta kita kepada beliau, tentu kita ikuti apa yang menjadi sunnah-sunnahbeliau, sehinggabeliau pun menjadi cinta kepada kita. Dan barangsiapa yang dicintai oleh béliau sementara dia beriman kepada Allah swt. tentu ia akan dapat bersama beliau di dalam surga yang penuh dengan kenikmatan.
Saudara, hadirin dan hadirat sekalian yang terhormat. Kini tibalah saatnya sampai pada puncak acara, yaitu penutup/do'a yang akan dipimpin oleh yang terhormat bapak KH . ........ Namun sebelum do'a dimulai, saya sebagai pembawa acara dalam haflah maulidur rasulini, mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekhilafan dan kurang lebihnya. Untuk acara penutup/do'a saya serahkan kepada yang terhormat ustadz ...... /bapak KH.......kepada beliau saya persilahkan.
Akhirnya, wallaahul muwaffiq ilaa aqwamit thariq was salamu 'alaikum warahmatulllah waharakatuh.

Demikian Contoh Naskah Pembawa Acara Pada Acara Peringatan Maulid Nabi Saw, Anda dapat mengunjungi Beberapa Contoh Naskah Pidato yang lain, Kumpulan Contoh Pidato, Ceramah, Sambutan Dsb... Contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan (Walimatu 'Ary).

5 komentar:

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,