Contoh MC Pada Acara Perpisahan di Sekolahan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:

Kepada yang terhormat bapak kepala sekolah, para bapak dan ibu guru, serta para wali murid yang saya muliakan dan teman-teman siswa dan siswi yang saya sayangi. Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, berkat rahmat dan anugerah-Nya pada pagi hari ini kita bisa bertemu muka, berkumpul di tempat ini, guna mengadakan acara muwadda'ah (pamitan) di akhir tahun (akhir sanah).
Di sini, saya sebagai pembawa acara, terlebih dulu kiranya perlu saya bacakan serangkaian susunan mata acara pada pertemuan kita kali ini, yaitu:
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci A1-Qur'an
  3. Penyerahan penghargaan kepada siswa/siswi berprestasi
  4. Sambutan wakil dari siswa
  5. Sambutan bapak kepala sekolah
  6. Do'a
  7. Ramah tamah
Demikianlah serangkaian susunan mata acara pada haflah muwadda'ah (perpisahan) ini, (sobat pembaca Kata Estetika Untuk Contoh pidato Hari perpisahan silahkan baca ini Contoh Teks Sambutan acara perpisahan Sekolah, Kantor, dsb..., Berikut penerapan Prolog Pembawa Acara MC pada Contoh MC Pada Acara Perpisahan di Sekolahan dibawah ini.

Pembukaan:
Bapak kepala sekolah dan para dewan guru serta siswa-siswi sekalian yang berbahagia. Untuk mempersingkat waktu, baiklah kiranya langsung saja kita buka acara ini dengan pembacaan surat A1-Fatihah atau pembacaan Basmalah bersama-sama, ilaa hadhratin nabi al-fatihah ......Terima kasih, mudah-mudahan dengan pembacaan surat Al-Fatihah tadi, acara kita pada pagi hari ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

Pombacaan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an
Bapak kepala sekolah dan para dewan guru serta siswa-siswi sekalian yang berbahagia Memasuki acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci A1-Qur'an yang akan dibacakan oleh qari' terbaik di sekolahan kita, yaitu..........kepada yang terhormat saudara ..........waktu saya persilahkan.
(Setelah qari' selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, MC kembali melanjutkan acara, dengan menyampaikan terima kasih, seperti) Kepadanya.........saya sampaikan banyak terima kasih, mudah-mudahan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an tadi, dapat memperkuat keimanan kita semua, amin.

Penyerahan Penghargaan Kepada Siswa-siswi Berprestasi
Sebelum memasuki acara yang keempat, kita ikuti terlebih dahulu acara yang ketiga, yaitu penyerahan penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi, kepada siswa dan siswi yang saya panggil namanya supaya tampil ke depan, naik ke atas pentas. Pertama, Dewi Ratna Sari; kedua Izzat Maulana; dan ketiga Mohammad Farhad (misalnya), ketiga-tiganya supaya naik ke atas panggung. Dan kepada yang terhormat bapak kepala sekolah, dimohon naik ke atas panggung untuk menyerahkan penghargaan kepada mereka.
Demikian tadi, penyerahan penghargaan oleh bapak kepala sekolah kepada siswa-siswi berprestasi, mudah-mudahan penghargaan itu dapat menjadi pemacu semangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

Sambutan Wakil dari Siswa-siswi:
Bapak kepala sekolah dan para dewan guru serta siswa-siswi sekalian yang berbahagia. Sampailah kita pada acara yang keempat, yaitu sambutan atas nama wakil dari siswa-siswi, dalam hal ini akan disampaikan oleh saudara................kepadanya waktu dipersilahkan.
(Setelah acara sambutan selesai, MC kembali mengambil kendali acara dengan menyampaikan terima kasih, misalnya). Kepada saudara........... disampaikan banyak-banyak terima kasih.

Sambutan Bapak Kepala Sekolah:
Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini sampailah kita pada acara yang kelima, yaitu sambutan bapak kepala sekolah. Kepada yang terhormat bapak ...........saya persilahkan.
(Setelah acara sambutan selesai, MC kembali mengambil sebagai pemimpin acara dengan menyampaikan terima kasih, misalnya). Kepada yang terhormat bapak kepala sekolah saya sampaikan banyakbanyak terima kasih. Mudah-mudahan apa yang telah disampaikan tadi dapat bermanfaat kepada kita semua sebagai siswa-siswi untuk lebih giat belajar dan berusaha meraih  prestasi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Do'a:
Bapak kepala sekolah dan para dewan guru serta siswa-siswi sekalian yang berbahagia. Kini sampailah kita pada acara yang keenam, yaitu pembacaan do'a yang akan dipimpin oleh ustadz......... kepada yang terhormat bapak ustadz.........waktu saya haturkan.
Kepada beliau saya sampaikan banyak-banyak terima kasih.

Ramah Tama:
Demikianlah tadi acara demi acara telah kita lalui bersama, kini tibalah saatnya kita pada acara yang paling akhir, yaitu ramah tama. Sebelum acara ramah tama dimulai, izinkanlah saya pribadi sebagai pembawa acara pada haflah muwadda'ah ini, sebelum mengundurkan diri saya mohon maaf yang sebesar-besannya, bilamana ada kekhilafan dan kesalahan. Akhirnya, billahi taufiq wal hidayah, tsummas salamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian Contoh Teks kalimat Pembawa Acara pada perpisahan sekolah ini, kiranya dapat bermanfaat bagi anda, jangan lupa kunjungi juga artikel contoh pidato dan contoh pembawa acara lainnya pada blog kataesettika ini, Contoh MC Acara Peringatan Maulid Nabi Saw.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,