Contoh Sambutan Peresmian Masjid

Contoh Sambutan Pada Peresmian Kantor
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdullhlahi rabbil'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaá asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:

Kepada yang terhormat bapak KH.......para ustadz yang saya muliakan, saudara, bapak, ibu hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah swt. yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul di dalam masjid yangmegah dan mulia ini, yang sebentar lagi akan kita résmikan, dalam keadaan sehat walafiat, tanpa ada suatu halangan apapun.

Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan Nabi kita Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam.

Bapak-bapak, saudara danhadirin sekalian yang dimuliakan Allah swt. Alhanmdulillah, pembangunan masjid yang kita inginkan dan impi-impikan akhirnya telah berdiri dengan megah sebentar lagi diresmikan oleh bapak KH......tentu saja hal ini tidak bisa lerlepas dari kerja keras kita sebagai panitia pembangunan masjid ini dan partisipasi dari berbagai pihak baik berupa pikiran tenaga dan materi demi terwujudnya masjid ini. Semoga semua itu merupakan bukti kecintaan kita kepada masjid yang notabene merupakan rumah Allah swt. sehingga dengan kecintaan dan keterkaitan hati kita yang tak terpisahkan dengan masjid itu, kelak kita akan mendapatkan fasilitas dan perlindungan dari Allah pada hari tiada perlindungan selain dari Allah swt. dan dibangunkan buat kita istana yang megah di surga Allah yang sangat kita idam-idamkan.

Bapak-bapak, saudara dan hadirin sekalian yang dimuliakan Allah swt. Masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam, tempat bersujud dan beribadah kepada Allah swt. Di samping sebagai tempat shalat dan bersujud, masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan keislaman. Di dalam suatu hadis disebutkan bahwa masjid merupakan rumah Allah swt. di dunia.

Allah swt. berfirman dalam sebagian kitab-Nya: "Sesungguhnya rumah-rumah-Ku di bumi adalah masjid-masjid dan sesungguhnya orang-orang yang mengunjungi Aku adalah orang-orang yang memakmurkan masjid-masjid itu. Maka keberuntungan besar bagi seorang hamba yang bersuci di rumahnya, lalu dia mengunjungi Aku di rumah-Ku (masjid). Adalah menjadi hak bagi Yang diziarahi (Allah) untuk menuniakan orang yang mengunju ngi-Nya."
Dalam Surat At-Taubah – (QS.9:18)

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ
Artinya "
"Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah, ialah orang-orang yang beriman, kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menuaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan, termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk."

Mengingat begitu pentingnya masjid, sebagai rumah Allah, tempat suci bagi umat Islam, maka orang yang membangun masjid secara ikhlas berarti ia telah membangun istana buat kehidupannya kelak di akhirat. Sebagaimana disebutkan di dalam hadis Nabi saw.: Nabi Muhammad saw. bersabda: "Barangsiapa yang membangun,sebuah masjid karena Allah, walau hanya seperti gundukan tanah sarang burung (bangunan yang paling sederhana), maka Allah akan membangun istana baginya di syurga." Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa Nabi saw. bersabda:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ، أَوْ أَصْغَرَ، بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ
Artinya :
"Barang siapa yang membangunkan sebuah masjid karena Allah, walaupun sekecil tempat bertelurnya burung Dara pasir, atau yang lebih kecil, niscaya Allah akan membangunkan untuknya rumah di surga”. (HR Ibnu Majah

Anas bin Malik berkata: "Barangsiapa yang menerangi masjid dengan lampu penerang, maka para malaikat dan peingikut-pengikut Arasy tidak henti-hentinya memohonkan ampunan, selama pelita atauu lampu itu bersinar menerangi masjid itu."

Nabi Muhammad saw. bersabda: "Barangsiapa yang cinta masjid, maka Allah akan cinta padanya." Betapa beruntungnya orang yang dicintai Allah. Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa di antara tujuh golongan yang mendapatkan naungan rahmat dan perlindingan Allah pada hari kiamat, ketika tidak ada naungan selain naungan-Nya adalah orang yang hatinya memiliki keterkaitan hubungan yang erat terhadap masjid.

Bapak-bapak, saudara dan hadirin sekalian yang dimuliakan Allah swt. Selanjutnya, kami sebagai panitia pembanguan masjid ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berpartisipasi dalam terlaksananya pembangunan masjid ini, dan kami memohon kepada yang terhormat bapak KH . ..... kiranya berkénan untuk meresmikan masjid ini. Akhirnya, kami segenap panitia pembangunan masjid ini mohon maaf atas segala kekhilafan dan kesalahan kami.

Hadanallahu wa iyyakum ajima'in was salaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pidato Peresmian Pembangunan Masjid


Demikian Contoh Teks, Naskah Pidato Sambutan Peresmian Masjid, semoga bermanfaat, baca juga ini Contoh Sambutan Pada Peresmian Kantor, Sambutan Pada Acara Ulang Tahun

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,