Mengumpulkan Materi Pidato.

Mengumpulkan Materi Pidato.
Persiapan selanjutnya adalah mencari materi atau bahan dari pidato. Persiapan ini dilakukan apabila pokok pembicaraan dalam pidato teiah diperoleh. Pembicara dapat mengumpulkan bahan yang sesuai dengan pokak masalah yang akan disampaikan melalui banyak cara, di antaranya yaitu : ini merupakan lanjutan dari artikel Persiapan Sebelum Berpidato
  • Dengan membaca buku surat kabar, Internet, majalah dan sumber-sumber lainnya yang sesuai dengan pokok persoalan yang akan dibicarakan dalam pidato. Langkah ini dilakukan apabila persoalan banyak berhubungan dengan teori-teori dalam buku, atau naskah yang banyak dibicarakan di media massa
  • Dengan mewawancarai atau bertanya pada orang yang mengetahui atau lebih mengetahui atau memiliki pengalaman tentang pokok persoalan yang akan dibicarakan. Misalnya apabila pokok materi yang akan dibicarakan dalam pidato berhubungan dengan teori-teori, maka pembicara dapat bertanya kepada para pakar atau profesor yang sangat menguasai tentang masalah yang ditanyakan. Tetapi pada umumnya cara ini jarang dilakukan karena pada saat ini para pembicara adalah orang-orang yang benar-benar menguasai materi yang dibicarakan dalam pidato. Atau panitia suatu acara pada umumnya sudah mengundang pembicara yang benar-benar menguasai materi yangakan dibicarakan.
  • Dengan mengingat-ingat pengalamannya sendiri. Cara mencari bahan seperti inilah yang mudah untuk dilakukan, pembicara hanya perlu mengingat-ngingat pengalaman apa yang pernah diaiami sehubungan dengan materi naskah pidato.


Menyusun Kerangka Materi Pidato.

Berdasarkan bahan-bahan yang telah dikumpulkan, maka langkah selanjutnya adalah menyusun kerangkah atau naskah pidato. Penyusunan naskah pidato ini bergantung pada teknik pidato yang akan dilakukan. Apabila pidato dilakukan dengan membaca naskah pembicara tidak perlu menyusun kerangka materi pidato. Yang diperlukan hanyalah menguraikan bahan-bahan yang telah di dapat secara jelas, tetapi harus tetap memperhatikan urutan dari materi yang akan disampaikan agar pendengar mampu atau dapat memahaminya. 

Sedangkan jika pembicara ingin menghafalkan materi pidato, sebaiknya bahan-bahan yang didapat diuraikan secara ringkas dan terperinci serta mudah untuk dihafalkan. Tetapi meskipun materi disusun secara singkat, masih harus tetap memperhatikan kejelasan materi yang akan disampaikan. Jika pembicara ingin menyampaikan pidatonya secara spontanitas. Pembicara hanya perlu membaca bahan-bahan yang diperlukan sehingga pada saat pembicara menyampaikan pidatonya tidak akan terjadi penyimpangan dari materi yang telah ditetapkan. Pembicara yang ingin menyusun kerangka materi pidato cukup hanya menulis secara garis besar bahan-bahan yang telah diperoleh secara berurutan. Sedangkan untuk pengembangan materi, pembicara dapat melakukannya secara spontanitas. Tetapi meskipun demikian, pembicara juga perlu membaca bahan-bahan yang telah dikumpulkan guna memperluas materi yang akan disampaikan nanti pada saat berpidato.

Demikian mengenai Mengumpulkan Materi Pidato. selanjutnya adalah Melakukan Latihan Pidato

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,